Dunia sekarang mengalami banyak perubahan dengan kecepatan yang luar biasa, hanya kegesitan yang dapat membantu Anda mengatasi setiap tantangan dan mencapai puncak harapan Anda. Jagalah diri Anda agar tetap bugar! Serap setiap gagasan baru, dan waspadai perubahan. Jika tidak, maka pesaing Anda akan melesat jauh meninggalkan Anda. Di zaman sekarang kegiatan bisnis bagaikan mengendarai sebuah sepeda, harus terus bergerak atau Anda akan jatuh dan terlupakan. Doronglah diri Anda untuk terus bergerak! Ingat ada banyak tempat di puncak, tetapi tidak ada tempat untuk duduk bersantai.
Dunia boleh
berubah dengan cepat, tetapi customer tetaplah menjadi bos Anda yang
sesungguhnya. Tanpa customer bisnis Anda akan mati, ingatlah, 70% customer
pergi akibat pelayanan yang buruk dan tidak memuaskan. Selain menjual produk
yang berkualitas, hal-hal lain yang juga penting adalah layanan purnajual. Jika
Anda dapat memahami keadaan customer Anda, Anda akan tahu cara membuat mereka
senantiasa tersenyum. Dan senyuman mereka adalah pertanda mesin kas Anda akan selalu
berdenting. Bukan itu saja satu senyuman dari customer, ia akan membawa 100
customer baru bagi bisnis Anda. Harus Anda ingat, untuk mendapatkan satu
cutomer baru dibutuhkan biaya yang nilainya enam kali lipat biaya
mempertahankan satu orang customer lama Anda.
Apa yang harus
Anda lakukan untuk dapat menjaga customer, berikut ini beberapa hal yang yang
harus Anda ketahui;
Cara
Menjual, bayangkan
diri Anda berada di posisi customer. Kuncinya, temukan sebuah kebutuhan dan
penuhi! Begitu Anda mengenali kebutuhan customer dan memuaskan mereka, artinya
Anda memiliki sebuah tongkat sihir yang akan memberi Anda kemakmuran.
Cutomer
adalah atasan, tidak akan
pernah ada atasan lain selain customer, merekalah satu-satunya atasan Anda yang
seharusnya Anda layani. Ingat! Semua yang Anda miliki, merekalah yang
membiayai. Mobil mewah, rumah besar, hingga pakaian yang Anda kenakan, semua
itu mereka menanggungnya. Jangan membuat mreka menjadi jengkel atau Anda akan
dipecat dan habis semua yang Anda miliki.
Cutomer
adalah bisnis, bisni adalah orang, orang adalah customer, ini adalah sebuah lingkaran, dan kita
bergerak dalam lingkaran yang kita buat sendiri, lingkaran besar, sedang, dan
kecil. Anda harus menentukan untuk diri sendiri, seberapa besar lingkaran yang
Anda inginkan. Begitu telah Anda tentukan besarnya lingkaran, tentukanlah
sebuah cara agar lingkaran itu tetap berputar, kepuasan orang adalah kata
kuncinya.
Bangunlah
bisnis yang berorientasi pada customer, jadikanlah hal ini
sebagai tujuan tunggal Anda. Dan percayalah, Anda tidak akan gagal. Apa yang
akan terjadi? Anda akan mempertahankan customer dengan lebih baik, dan Anda
boleh yakin bahwa karyawan akan mulai mempertahankan customer Anda dengan lebih
baik.
Dengarkanlah
customer Anda, dengarkan
kata-kata customer, keluhan mereka ibarat bara api , Anda dapat mengubahnya
menjadi kobaran api. Atau malah sebaliknya menjadikannya debu dengan meneteskan
beberapa tetes air mata penyesalan.
Lakukan pengecekan dengan
customer tentang perilaku karyawan, jujurlah pada
diri Anda sendiri demi kebaika, dan cobalah untuk melihat kapan terakhir kali
Anda melakukan pengecekan dengan customer, tentang perlakuan karyawan Anda
terhadap mereka.
Tidak ada komentar
Posting Komentar