Mencoba untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang berbeda jarang efektif.Memisahkan pelanggan Anda ke dalam kelompok yang berbeda dari orang yang sama akan memungkinkan Anda untuk memasarkan produk atau jasa khusus untuk orang-orang yang akan menguntungkan untuk Anda.
Mengidentifikasi target
pasar Anda
Mulai untuk mengidentifikasi segmen
yang berbeda antara pelanggan yang ada dengan mencari kelompok yang
memiliki karakteristik serupa. Konsumen sering tersegmentasi oleh usia,
jenis kelamin atau pendapatan.Pelanggan bisnis dapat dipecah menjadi industri
yang berbeda atau dengan ukuran. Dalam prakteknya, lokasi seringkali
merupakan faktor kunci, apakah Anda menargetkan pelanggan lokal atau mencari
peluang ekspor.
Segmentasi pasar Anda harus memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi kesamaan antara kelompok pelanggan yang berbeda. Anda akan dapat lebih jelas memahami apa aspek tawaran banding untuk masing-masing kelompok dan menyesuaikan produk atau jasa untuk lebih dekat dengan kebutuhan mereka.
Ini mungkin berarti Anda memodifikasi
produk - atau bekerja pada pengiriman, pelayanan, keandalan atau kebutuhan lain
yang penting untuk segmen pasar. Ini juga bisa berarti menyesuaikan cara
Anda memasarkan penawaran Anda - sehingga Anda mengubah kebijakan harga atau
menggunakan saluran distribusi yang menjangkau target pelanggan Anda lebih
efektif. Anda juga harus menyesuaikan pesan promosi Anda ke segmen
pelanggan yang berbeda.
Menemukan dan mengevaluasi
pelanggan
Pengetahuan adalah segalanya ketika datang
untuk mengidentifikasi mana kelompok pelanggan yang harus Anda targetkan. Riset
pasar akan membantu Anda memahami lebih lanjut tentang kebutuhan, selera
dan kebiasaan belanja dari berbagai kelompok pelanggan potensial. Ini
harus memberitahu Anda tentang segmen pelanggan yang paling mungkin untuk
membeli produk yang Anda tawarkan dan jenis aktivitas pemasaran serta penjualan
dimana mereka akan menanggapi.
Sebuah analisis SWOT akan membantu Anda menilai kekuatan dan kelemahan Anda sebagai sebuah bisnis dan menemukan peluang dan ancaman yang ada di pasar. Ini akan membantu Anda mengevaluasi apakah Anda berada dalam posisi untuk melaksanakan pemasaran yang kuat dan kampanye penjualan dengan kelompok sasaran pelanggan Anda. Secara signifikan, itu juga akan memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana Anda mengukur kompetitor.
Memahami akan pesaing Anda adalah sangat penting. Bagaimana mereka bekerja dengan kelompok sasaran? Akan Anda lakukan lebih baik atau lebih buruk?Mana kesenjangan - dalam penawaran mereka dan dalam pemasaran mereka? Apakah kelompok pelanggan diabaikan oleh saingan?
Kombinasi dari riset pasar, analisis SWOT dan benchmarking harus memberikan gambaran rinci dari pasar dan potensi Anda sendiri. Hal ini pada gilirannya akan memberitahubagimana dan di mana Anda harus mengarahkan kegiatan pemasaran. Hanya ketika Anda dipersenjatai dengan pengetahuan,hal ini akan dapat membuat Anda lebih percaya diri untuk menyesuaikan pesan Anda dalam berbagai segmen pasar, serta melakukan percakapan persuasif dengan pelanggan potensial Anda.
PEMASARAN MELALUI MEDIA
SOSIAL
Anda
pernah menghindari pemasaran media sosial? Sebagai
pelaku usaha kecil, Anda mungkin
berpikir Anda memiliki waktu yang sangat sibuk untuk menangani pengelolaan uang
dan laiinya, belum lagi kelelahan dan stres mempekerjakan dan mempertahankan
orang yang tepat. Jadi
aktif dalam pemasaran media sosial mungkin menjadi hal terakhir di pikiran
Anda. Jika bisnis Anda di
bidang non-teknis, Anda mungkin juga akan berpikir bahwa keterlibatan dalam
pemasaran media sosial membutuhkan waktu untk belajar . Jika hal ini menggambarkan Anda, pikirkan
lagi.
Sebuah
rilis yang dikeluarkan oleh we are sosial, menyatakan bahwa pengguna internet
di dunia pada tahun 2015 telah mencapai 3,17 miliar, sangat fantastis!Setengah dunia kini
terhubung melalui internet.Indonesiasendiri
menduduki urutan ke-6 dunia dalam jumlah pengguna internet aktif, jumlah
pengguna internet di Indonesia sekitar 87 juta lebih hampir mendekati setengah
populasi rakyat Indonesia.
Dalam
dunia yang semakin saling berhubungan, kecenderungan ini berarti Anda tidak
bisa lagi mengabaikan social media. Sebuah survei di
Inggris menunjukkan bahwa hampir 80 persen konsumen mengatakan mereka akan
lebih cenderung untuk membeli lebih sering dari sebuah perusahaan yang memiliki
kehadiran di media sosial.
Panduan ini akan memberi Anda beberapa petunjuk untuk memulai pemasaran media sosial untuk bisnis Anda tanpa membuang-buang waktu terlalu banyak, dan mengungkapkan cara yang relatif mudah untuk membantu mendapatkan eksposur media sosial untuk perusahaan Anda secara gratis.
Mengetahui Demografi
Mengetahui di mana audiens target Anda bergaul dapat membantu
Anda memutuskan mengambil strategi pemasaran melalui media tersebut, yang
feedback-nya tentunya peningkatan dalam penjualan bisnis Anda.Berikut beberapa
media sosia yang populer:
Facebook: Facebook terus mendapatkan pangsa terbesar dalam pengguna,
dengan 71 persen dari pengguna internet sekarang menggunakan situs ini. Sepenuhnya 70 persen kunjungan situs setiap
hari, dan hampir 50 persen terlibat dengan situs lebih dari sekali sehari.
Pinterest: Wanita mendominasi Pinterest. Empat
puluh dua persen wanita secara online menggunakan situs, dibandingkan dengan
laki-laki yang hanya 13 persen.
LinkedIn: Platform ini menarik 28 persen dari semua pengguna internet. Sebagian besar dari mereka yang terdaftar di dalamnya memiliki pendidikan tinggi.
Instagram: Lebih dari 50 persen dari semua orang dewasa online, berusia
18-29 tahun, menggunakan Instagram.
Twitter: Dua puluh tiga persen orang dewasa secara aktif online
menggunakan Twitter, dan yang terbesar demografi di sini adalah mereka yang
berusia 18 sampai 29 tahun. Saat ini, lebih banyak pria daripada wanita
pengguna twitter.
Google+: Sebuah survei yang dilakukan oleh Forrester menunjukkan bahwa sekitar 22
persen dari populasi orang dewasa online mengunjungi Google+ setiap bulan.
Tahu Yang Social Media Channel untuk Gunakan
Dengan sebuah array dari pilihan, memilih saluran media sosial yang
tepat untuk bisnis Anda adalah sebuah keputusan penting. Untuk menghindari buang-buang waktu dan
uang, jelaskan tentang kelompok terbesar yang ingin Anda targetkan. Apakah produk dan layanan diarahkan warga
senior? Apakah Anda terutama
menjual ke perempuan? Apakah
target pasar Anda milenium? Apakah
Anda mencoba untuk mendapatkan perhatian dari para profesional dan entitas
perusahaan? Apakah Anda ingin
menarik keluarga?
Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membimbing Anda dalam
pilihan Anda:
Instagram
Instagram kini memiliki 300 juta pengguna . Banyak
merek terbesar di dunia yang aktif di Instagram dan telah mengumpulkan jutaan
pengikut. Sebagai usaha kecil,
Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki kehadiran di Instagram. Usaha kecil menggunakan Instagram untuk
menampilkan produk atau layanan mereka termasuk Nine Zero One , salon rambut, Dogswag , seorang desainer dan
ilustrator; dan Temper , toko kue.
Instagram
adalah gratis, cepat dan mudah digunakan. Download aplikasi dan Anda siap untuk mengambil gambar atau
video dari produk atau layanan dan posting di Instagram. Gunakan hashtag sehingga Anda muncul dalam
pencarian, meningkatkan kemungkinan pelanggan potensial menghubungkan dengan
Anda. Jika Anda tidak
kecepatan sampai dengan hashtags, menonton video tutorial dari TagItBest tentang
cara mudah menghasilkan hashtags untuk Instagram.
Pinterest
Pinterest
adalah alat lain media sosial yang dapat mengarahkan pengunjung ke website Anda
dan meningkatkan visibilitas Anda sebagai orang. Bahkan jika bisnis Anda secara visual tidak
menarik sebagai toko ritel atau toko bunga, misalnya, Anda masih dapat
menggunakan Pinterest untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda. Ini daftar akan
menunjukkan usaha kecil bervariasi yang menggunakan Pinterest.Anda dapat bergabung Pinterest sebagai sebuah bisnis . Jika
Anda kebetulan sudah memiliki akun pribadi di Pinterest, Anda dapat mengubahnya
ke akun bisnis.
LinkedIn
LinkedIn
memiliki jaringan profesional terbesar di dunia , dengan lebih dari 332 juta anggota. Jika Anda menargetkan profesional di semua
bidang, ini adalah tempat yang akan. Anda
mungkin sudah memiliki profil LinkedIn pribadi, tetapi Anda juga harus
mempertimbangkan mendirikan sebuah halaman perusahaan di LinkedIn.
Berikut
adalah video tutorial tentang
cara membuat sebuah halaman perusahaan LinkedIn. LinkedIn juga secara teratur memberikan
gratis, webinar pra-rekaman tentang bagaimana membangun halaman perusahaan Anda untuk
sukses.
Anda
dapat memulai dengan hanya menambahkan informasi dasar tentang produk dan
layanan, jam kerja Anda dan daerah Anda melayani sehingga Anda memiliki
kehadiran segera. Kemudian,
Anda secara berkala dapat berinvestasi dalam waktu untuk memperbaiki halaman Anda. Di sinilah Anda bisa menceritakan kisah
perusahaan Anda, menambahkan foto dan berbagi artikel yang berkaitan dengan
perusahaan Anda dan Anda industri apa pun yang Anda merasa dapat membantu
pelanggan Anda.
Twitter
Menggunakan
Twitter untuk bisnis adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan
kesadaran dari bisnis Anda, menarik dan terhubung dengan pelanggan dan
meningkatkan penjualan. Silahkan
lihat pada ini contoh besar dari
kisah sukses pemilik usaha kecil yang tidak hanya itu. Menganalisis praktek mereka dan melihat
bagaimana Anda dapat menaruh beberapa tips ini untuk digunakan.
Misalnya,
untuk menjangkau orang-orang yang tertarik pada produk mereka, seperti pencinta
kopi dan makanan, salah satu dari
perusahaan-perusahaan ini memeriksa rekening berpengaruh di ceruk. Ini kemudian dipromosikan tweet untuk orang
mirip dengan pengikut akun tersebut.
Twitter juga membangun loyalitas follower. Baru-baru ini survei mengungkapkan bahwa 73 persen responden merasa lebih positif tentang usaha kecil setelah mereka mengikuti bisnis itu dan membaca tweets nya. Dan 81 persen mengatakan mereka lebih mungkin untuk mengambil tindakan pada informasi tentang usaha kecil yang dibagikan melalui Twitter, mengalahkan email dan surat langsung.
Twitter
juga memberikan Anda akses ke influencer di niche Anda, sehingga Anda dapat
dengan mudah mengikuti mereka dan berinteraksi dengan mereka. Beberapa mungkin mengikuti Anda kembali,
memberikan merek Anda lebih banyak eksposur. Influencer
yang jauh lebih sulit untuk menemukan di Facebook, misalnya.
Twitter
membuat lebih mudah untuk mencari influencer ini, baik perorangan maupun
perusahaan, karena mayoritas Twitter bios bersifat publik. Untuk mencari influencer, Anda dapat
menggunakan alat seperti Follower Wonk: A Moz App . Misalnya,
jika Anda berada di penjualan anggur dan ingin terhubung dengan influencer
dalam industri anggur di Twitter, ini adalah apa yang akan Anda lihat ketika
Anda menggunakan Follower Wonk. Influencer
adalah peringkat oleh "otoritas sosial." Setelah Anda memiliki daftar, itu mudah
untuk mulai mengikuti mereka.
Cara
lain Anda dapat menggunakan Twitter untuk membantu bisnis Anda untuk
berlangganan program seperti Sosial Centiv , alat yang mudah digunakan untuk usaha
kecil. Hal ini memungkinkan
Anda untuk menemukan konsumen yang tweeting tentang pencarian mereka untuk
produk tertentu atau layanan yang berhubungan dengan bisnis. Anda kemudian dapat menghubungi konsumen
ini secara real time dengan penawaran Anda.
Google+
Jika Anda tidak memiliki sebuah situs web, Google+ dapat menjadi
pengganti yang baik. Anda
dapat menggunakannya sebagai halaman rumah tanpa biaya, menambahkan informasi
tentang bisnis Anda, posting, foto, video dan interaksi dengan pelanggan.
Yelp
Yelp tidak hanya untuk restoran dan belanja. Ini adalah tempat di mana pelanggan
potensial pergi untuk menemukan semua jenis usaha, dari jasa keuangan dan
profesional untuk penanganan hewan peliharaan dan bengkel otomotif. Apapun bisnis kecil Anda, Anda bisa
mendapatkan keuntungan dengan memiliki kehadiran di Yelp.
Yelp untuk
Pemilik Bisnis memberikan serangkaian alat
untuk membangun kehadiran Anda di sini.Anda dapat meng-upload foto dan
informasi bisnis, link ke website Anda dan terhubung dengan pelanggan dengan
menanggapi ulasan (melalui pesan pribadi atau komentar publik), semuanya
gratis.
Facebook
Facebook memiliki bagian terbesar dari pengguna dan merupakan
tempat yang baik untuk mencapai berbagai khalayak, termasuk keluarga. Tapi Facebook mengumumkan bahwa pada bulan Januari, itu akan menyedot keluar update status
pemasaran yang belum dibayar, sehingga kecil kemungkinan bagi orang untuk
melihat lapangan yang belum dibayar. Sekarang
untuk menjangkau pelanggan di Facebook, Anda akan perlu membeli iklan untuk
mempromosikan posting Anda.
Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk memiliki halaman
Facebook untuk bisnis Anda. .
Tidak peduli apa platform yang Anda gunakan, tidak mengabaikan
untuk menambahkan tagline ke profil Anda. Seperti
Guy Kawasaki dan Peg Fitzpatrick merekomendasikan di The Art of Social Media: Kekuatan Tips untuk
Power User , membuat tagline Anda
mantra: ". ... 3:58 kata yang menjelaskan mengapa organisasi Anda
ada" Kawasaki memberikan
tiga contoh mantra teoritis: "Canva: demokratisasi desain,"
"Google: Informasi demokratisasi," atau "FedEx: ketenangan
pikiran".
Selanjutnya, memeriksa
kehadiran online pesaing Anda. Mencari
tahu situs media sosial yang mereka pilih? Jawaban atas semua pertanyaan ini akan
membantu Anda mempersempit upaya awal Anda dalam dunia baru yang berani dari
media sosial. Jangan pernah menyebar
sendiri dan melompat ke dalam setiap platform media sosial.
Tidak ada komentar
Posting Komentar