Rabu, 10 Februari 2021

TARGET PASAR ANDA

 

Mencoba untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang berbeda jarang efektif.Memisahkan pelanggan Anda ke dalam kelompok yang berbeda dari orang yang sama akan memungkinkan Anda untuk memasarkan produk atau jasa khusus untuk orang-orang yang akan menguntungkan untuk Anda.

Mengidentifikasi target pasar Anda

Mulai untuk mengidentifikasi segmen yang berbeda antara pelanggan yang ada dengan mencari kelompok yang memiliki karakteristik serupa. Konsumen sering tersegmentasi oleh usia, jenis kelamin atau pendapatan.Pelanggan bisnis dapat dipecah menjadi industri yang berbeda atau dengan ukuran. Dalam prakteknya, lokasi seringkali merupakan faktor kunci, apakah Anda menargetkan pelanggan lokal atau mencari peluang ekspor.

Segmentasi pasar Anda harus memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi kesamaan antara kelompok pelanggan yang berbeda. Anda akan dapat lebih jelas memahami apa aspek tawaran banding untuk masing-masing kelompok dan menyesuaikan produk atau jasa untuk lebih dekat dengan kebutuhan mereka.

Ini mungkin berarti Anda memodifikasi produk - atau bekerja pada pengiriman, pelayanan, keandalan atau kebutuhan lain yang penting untuk segmen pasar. Ini juga bisa berarti menyesuaikan cara Anda memasarkan penawaran Anda - sehingga Anda mengubah kebijakan harga atau menggunakan saluran distribusi yang menjangkau target pelanggan Anda lebih efektif. Anda juga harus menyesuaikan pesan promosi Anda ke segmen pelanggan yang berbeda.

 

Menemukan dan mengevaluasi pelanggan

Pengetahuan adalah segalanya ketika datang untuk mengidentifikasi mana kelompok pelanggan yang harus Anda targetkan. Riset pasar akan membantu Anda memahami lebih lanjut tentang kebutuhan, selera dan kebiasaan belanja dari berbagai kelompok pelanggan potensial. Ini harus memberitahu Anda tentang segmen pelanggan yang paling mungkin untuk membeli produk yang Anda tawarkan dan jenis aktivitas pemasaran serta penjualan dimana mereka akan menanggapi.

Sebuah analisis SWOT akan membantu Anda menilai kekuatan dan kelemahan Anda sebagai sebuah bisnis dan menemukan peluang dan ancaman yang ada di pasar. Ini akan membantu Anda mengevaluasi apakah Anda berada dalam posisi untuk melaksanakan pemasaran yang kuat dan kampanye penjualan dengan kelompok sasaran pelanggan Anda. Secara signifikan, itu juga akan memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana Anda mengukur kompetitor.

Memahami akan pesaing Anda adalah sangat penting. Bagaimana mereka bekerja dengan kelompok sasaran? Akan Anda lakukan lebih baik atau lebih buruk?Mana kesenjangan - dalam penawaran mereka dan dalam pemasaran mereka? Apakah kelompok pelanggan diabaikan oleh saingan? 

Kombinasi dari riset pasar, analisis SWOT dan benchmarking harus memberikan gambaran rinci dari pasar dan potensi Anda sendiri. Hal ini pada gilirannya akan memberitahubagimana dan di mana Anda harus mengarahkan kegiatan pemasaran. Hanya ketika Anda dipersenjatai dengan pengetahuan,hal ini akan dapat membuat Anda lebih percaya diri untuk menyesuaikan pesan Anda dalam berbagai segmen pasar, serta melakukan percakapan persuasif dengan pelanggan potensial Anda.

PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL

Anda pernah menghindari pemasaran media sosial? Sebagai pelaku  usaha kecil, Anda mungkin berpikir Anda memiliki waktu yang sangat sibuk untuk menangani pengelolaan uang dan laiinya, belum lagi kelelahan dan stres mempekerjakan dan mempertahankan orang yang tepat. Jadi aktif dalam pemasaran media sosial mungkin menjadi hal terakhir di pikiran Anda. Jika bisnis Anda di bidang non-teknis, Anda mungkin juga akan berpikir bahwa keterlibatan dalam pemasaran media sosial membutuhkan waktu untk belajar . Jika hal ini menggambarkan Anda, pikirkan lagi.

Sebuah rilis yang dikeluarkan oleh we are sosial, menyatakan bahwa pengguna internet di dunia pada tahun 2015 telah mencapai 3,17 miliar, sangat fantastis!Setengah dunia kini terhubung melalui internet.Indonesiasendiri menduduki urutan ke-6 dunia dalam jumlah pengguna internet aktif, jumlah pengguna internet di Indonesia sekitar 87 juta lebih hampir mendekati setengah populasi rakyat Indonesia.

Dalam dunia yang semakin saling berhubungan, kecenderungan ini berarti Anda tidak bisa lagi mengabaikan social media. Sebuah survei di Inggris menunjukkan bahwa hampir 80 persen konsumen mengatakan mereka akan lebih cenderung untuk membeli lebih sering dari sebuah perusahaan yang memiliki kehadiran di media sosial.

Panduan ini akan memberi Anda beberapa petunjuk untuk memulai pemasaran media sosial untuk bisnis Anda tanpa membuang-buang waktu terlalu banyak, dan mengungkapkan cara yang relatif mudah untuk membantu mendapatkan eksposur media sosial untuk perusahaan Anda secara gratis.


Mengetahui Demografi

Mengetahui di mana audiens target Anda bergaul dapat membantu Anda memutuskan mengambil strategi pemasaran melalui media tersebut, yang feedback-nya tentunya peningkatan dalam penjualan bisnis Anda.Berikut beberapa media sosia yang populer:

 

Facebook Facebook terus mendapatkan pangsa terbesar dalam pengguna, dengan 71 persen dari pengguna internet sekarang menggunakan situs ini. Sepenuhnya 70 persen kunjungan situs setiap hari, dan hampir 50 persen terlibat dengan situs lebih dari sekali sehari. 

 

Pinterest Wanita mendominasi Pinterest. Empat puluh dua persen wanita secara online menggunakan situs, dibandingkan dengan laki-laki yang hanya 13 persen.


LinkedIn: Platform ini menarik 28 persen dari semua pengguna internet. Sebagian besar dari mereka yang terdaftar di dalamnya memiliki pendidikan tinggi.


Instagram: Lebih dari 50 persen dari semua orang dewasa online, berusia 18-29 tahun, menggunakan Instagram.

 

Twitter:  Dua puluh tiga persen orang dewasa secara aktif online menggunakan Twitter, dan yang terbesar demografi di sini adalah mereka yang berusia 18 sampai 29 tahun. Saat ini, lebih banyak pria daripada wanita pengguna twitter.

 

Google+:  Sebuah survei yang dilakukan oleh Forrester menunjukkan bahwa sekitar 22 persen dari populasi orang dewasa online mengunjungi Google+ setiap bulan.

 

Tahu Yang Social Media Channel untuk Gunakan

Dengan sebuah array dari pilihan, memilih saluran media sosial yang tepat untuk bisnis Anda adalah sebuah keputusan penting. Untuk menghindari buang-buang waktu dan uang, jelaskan tentang kelompok terbesar yang ingin Anda targetkan. Apakah produk dan layanan diarahkan warga senior? Apakah Anda terutama menjual ke perempuan? Apakah target pasar Anda milenium? Apakah Anda mencoba untuk mendapatkan perhatian dari para profesional dan entitas perusahaan? Apakah Anda ingin menarik keluarga?


Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membimbing Anda dalam pilihan Anda:

 

Instagram

Instagram kini memiliki 300 juta pengguna . Banyak merek terbesar di dunia yang aktif di Instagram dan telah mengumpulkan jutaan pengikut. Sebagai usaha kecil, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki kehadiran di Instagram. Usaha kecil menggunakan Instagram untuk menampilkan produk atau layanan mereka termasuk  Nine Zero One , salon rambut, Dogswag ,  seorang desainer dan ilustrator; dan  Temper , toko kue.

 

Instagram adalah gratis, cepat dan mudah digunakan. Download aplikasi  dan Anda siap untuk mengambil gambar atau video dari produk atau layanan dan posting di Instagram. Gunakan hashtag sehingga Anda muncul dalam pencarian, meningkatkan kemungkinan pelanggan potensial menghubungkan dengan Anda. Jika Anda tidak kecepatan sampai dengan hashtags, menonton  video tutorial dari TagItBest tentang cara mudah menghasilkan hashtags untuk Instagram.


Pinterest


Pinterest adalah alat lain media sosial yang dapat mengarahkan pengunjung ke website Anda dan meningkatkan visibilitas Anda sebagai orang. Bahkan jika bisnis Anda secara visual tidak menarik sebagai toko ritel atau toko bunga, misalnya, Anda masih dapat menggunakan Pinterest untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda. Ini daftar akan menunjukkan usaha kecil bervariasi yang menggunakan Pinterest.Anda dapat bergabung Pinterest sebagai sebuah bisnis . Jika Anda kebetulan sudah memiliki akun pribadi di Pinterest, Anda dapat mengubahnya ke akun bisnis.

 

LinkedIn

LinkedIn memiliki jaringan profesional terbesar di dunia , dengan lebih dari 332 juta anggota. Jika Anda menargetkan profesional di semua bidang, ini adalah tempat yang akan. Anda mungkin sudah memiliki profil LinkedIn pribadi, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan mendirikan sebuah halaman perusahaan di LinkedIn.

Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat sebuah halaman perusahaan LinkedIn. LinkedIn juga secara teratur memberikan gratis, webinar pra-rekaman tentang bagaimana membangun halaman perusahaan Anda untuk sukses. 

 

Anda dapat memulai dengan hanya menambahkan informasi dasar tentang produk dan layanan, jam kerja Anda dan daerah Anda melayani sehingga Anda memiliki kehadiran segera. Kemudian, Anda secara berkala dapat berinvestasi dalam waktu untuk memperbaiki halaman Anda. Di sinilah Anda bisa menceritakan kisah perusahaan Anda, menambahkan foto dan berbagi artikel yang berkaitan dengan perusahaan Anda dan Anda industri apa pun yang Anda merasa dapat membantu pelanggan Anda. 

 

Twitter

Menggunakan Twitter untuk bisnis adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kesadaran dari bisnis Anda, menarik dan terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Silahkan lihat pada ini contoh besar dari kisah sukses pemilik usaha kecil yang tidak hanya itu. Menganalisis praktek mereka dan melihat bagaimana Anda dapat menaruh beberapa tips ini untuk digunakan.

 

Misalnya, untuk menjangkau orang-orang yang tertarik pada produk mereka, seperti pencinta kopi dan makanan, salah satu dari perusahaan-perusahaan ini memeriksa rekening berpengaruh di ceruk. Ini kemudian dipromosikan tweet untuk orang mirip dengan pengikut akun tersebut.

 

Twitter juga membangun loyalitas follower. Baru-baru ini survei mengungkapkan bahwa 73 persen responden merasa lebih positif tentang usaha kecil setelah mereka mengikuti bisnis itu dan membaca tweets nya. Dan 81 persen mengatakan mereka lebih mungkin untuk mengambil tindakan pada informasi tentang usaha kecil yang dibagikan melalui Twitter, mengalahkan email dan surat langsung.

 

Twitter juga memberikan Anda akses ke influencer di niche Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah mengikuti mereka dan berinteraksi dengan mereka. Beberapa mungkin mengikuti Anda kembali, memberikan merek Anda lebih banyak eksposur. Influencer yang jauh lebih sulit untuk menemukan di Facebook, misalnya. 

 

Twitter membuat lebih mudah untuk mencari influencer ini, baik perorangan maupun perusahaan, karena mayoritas Twitter bios bersifat publik. Untuk mencari influencer, Anda dapat menggunakan alat seperti Follower Wonk: A Moz App . Misalnya, jika Anda berada di penjualan anggur dan ingin terhubung dengan influencer dalam industri anggur di Twitter, ini adalah apa yang akan Anda lihat ketika Anda menggunakan Follower Wonk. Influencer adalah peringkat oleh "otoritas sosial." Setelah Anda memiliki daftar, itu mudah untuk mulai mengikuti mereka.

 

Cara lain Anda dapat menggunakan Twitter untuk membantu bisnis Anda untuk berlangganan program seperti Sosial Centiv , alat yang mudah digunakan untuk usaha kecil. Hal ini memungkinkan Anda untuk menemukan konsumen yang tweeting tentang pencarian mereka untuk produk tertentu atau layanan yang berhubungan dengan bisnis. Anda kemudian dapat menghubungi konsumen ini secara real time dengan penawaran Anda.

 

Google+

Jika Anda tidak memiliki sebuah situs web, Google+ dapat menjadi pengganti yang baik. Anda dapat menggunakannya sebagai halaman rumah tanpa biaya, menambahkan informasi tentang bisnis Anda, posting, foto, video dan interaksi dengan pelanggan.

 


 Yelp

Yelp tidak hanya untuk restoran dan belanja. Ini adalah tempat di mana pelanggan potensial pergi untuk menemukan semua jenis usaha, dari jasa keuangan dan profesional untuk penanganan hewan peliharaan dan bengkel otomotif. Apapun bisnis kecil Anda, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan memiliki kehadiran di Yelp.

 

Yelp untuk Pemilik Bisnis memberikan serangkaian alat untuk membangun kehadiran Anda di sini.Anda dapat meng-upload foto dan informasi bisnis, link ke website Anda dan terhubung dengan pelanggan dengan menanggapi ulasan (melalui pesan pribadi atau komentar publik), semuanya gratis.

 

Facebook

Facebook memiliki bagian terbesar dari pengguna dan merupakan tempat yang baik untuk mencapai berbagai khalayak, termasuk keluarga. Tapi Facebook mengumumkan bahwa pada bulan Januari, itu akan menyedot keluar update status pemasaran yang belum dibayar, sehingga kecil kemungkinan bagi orang untuk melihat lapangan yang belum dibayar. Sekarang untuk menjangkau pelanggan di Facebook, Anda akan perlu membeli iklan untuk mempromosikan posting Anda.

 

Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk memiliki halaman Facebook untuk bisnis Anda. .  

 

Tidak peduli apa platform yang Anda gunakan, tidak mengabaikan untuk menambahkan tagline ke profil Anda. Seperti Guy Kawasaki dan Peg Fitzpatrick merekomendasikan di The Art of Social Media: Kekuatan Tips untuk Power User , membuat tagline Anda mantra: ". ... 3:58 kata yang menjelaskan mengapa organisasi Anda ada" Kawasaki memberikan tiga contoh mantra teoritis: "Canva: demokratisasi desain," "Google: Informasi demokratisasi," atau "FedEx: ketenangan pikiran".

 

Selanjutnya, memeriksa kehadiran online pesaing Anda. Mencari tahu situs media sosial yang mereka pilih? Jawaban atas semua pertanyaan ini akan membantu Anda mempersempit upaya awal Anda dalam dunia baru yang berani dari media sosial. Jangan pernah menyebar sendiri dan melompat ke dalam setiap platform media sosial.

 

 


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
© PANDUAN BISNIS DARI NOL
Maira Gall