Bagian yang seringkali terabaikan oleh seorang pengusaha adalah rencana pemasaran. Dimana biasanya pemasaran ini tidak dimunculkan sebagai draft bagian atas dari daftar rencana yang harus dilakukan. Sementara rencana bisnis membantu memetakan arah untuk perusahaan Anda, rencana pemasaran membantu perusahaan Anda memahami bagaimana untuk sampai ke sana dengan merinci langkah-langkah penting di jalan untuk menciptakan hubungan pelanggan.
Hal yang paling penting untuk bisnis kecil masukkan dalam rencana pemasaran adalah pemahaman yang sangat jelas dari pelanggan dan pesaingnya. Meskipun rencana pemasaran dapat formal atau informal, minimal itu menggambarkan siapa pelanggan Anda, di mana mereka mendapatkan informasi, dan bagaimana Anda akan menjangkau mereka.
Dalam pengembangannya rencana pemasaran memerlukan empat tugas-tugas tertentu:
Penawaran
Anda harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lebih baik dari
kompetisi.
Mengidentifikasi target pelanggan Anda. Ada banyak pelanggan potensial di sebagian besar
pasar, tetapi untuk berhasil lebih cepat dan lebih baik, usaha kecil harus
mempelajari pasar dalam menentukan karakteristik target pelanggan terbaik.
Target pelanggan harus dijelaskan secara rinci.
Dengan demikian, bisnis juga mengembangkan gambaran yang lebih jelas dari pendapatan penjualan yang diharapkan dan keuangan.
Mengidentifikasi pesaing yang juga ingin target pelanggan Anda. Selalu ada pesaing - tidak pernah membuat kesalahan dengan menganggap tidak ada. Usaha kecil jarang meluangkan waktu untuk mempelajari pesaing mereka secara mendalam. Tapi Anda harus memahami siapa pesaing Anda, apa keunggulan kompetitif inti mereka dan bagaimana mereka akan menanggapi penawaran Anda (potongan harga, meningkatnya komunikasi, dan lain-lain).
Menuliskan pernyataan brand-positioning Anda untuk target pelanggan Anda. Pada akhirnya,
merek Anda dan apa yang melambangkan bagi pelanggan akan keunggulan kompetitif
terkuat Anda. Anda harus bisa menuliskan kalimat deklaratif sederhana bagaimana
Anda akan memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengalahkan kompetisi. Laporan
posisi terbaik adalah mereka yang single-minded dan fokus pada kebutuhan
pelanggan.
Pemasaran media sosial
Email pemasaran
Meskipun pemasaran email mungkin tidak seperti baru dari konsep pemasaran media sosial, itu adalah pilihan yang efektif dan populer untuk banyak pemilik usaha kecil. Perusahaan dapat menerapkan teknik email marketing dalam berbagai cara, termasuk newsletter, kampanye promosi dan email transaksional.
Handphone pemasaran
Popularitas
smartphone dan tablet telah membantu mengubah cara perusahaan menargetkan
pelanggan mereka. Akibatnya, perusahaan mencari untuk menerapkan strategi yang
menjangkau pelanggan pada perangkat mereka.
Ponsel pemasaran tidak harus dianggap perpanjangan belaka email atau pemasaran online, namun. Karena banyak konsumen memiliki perangkat mobile yang setiap saat ada dalam genggamannya, sebuah teks promo akan mendorong pemberitahuan dan hal ini dapat lebih efektif dan efisien dikarenakan langsung mengarah pada end user.
Untuk mengoptimalkan kehadiran pemasaran mobile Anda, hati-hati mempertimbangkan bagaimana dan kapan Anda menjangkau pelanggan seluler Anda. Peka terhadap kapan dan mengapa mereka menggunakan ponsel mereka, dan menawarkan mereka informasi yang berkaitan dengan situasi mereka.
Langkah selanjutnya
Setelah strategi diidentifikasi untuk setiap saluran, Anda perlu mencari tahu strategi Anda. Berapa banyak Anda bersedia untuk menghabiskan di setiap saluran? Hasil apa yang Anda harapkan untuk melihat? Tugas apa yang harus Anda capai untuk setiap langkah dalam proses Anda? Membuat daftar didefinisikan dengan baik dalam anggaran, tujuan dan item tindakan, dengan personil yang tepat ditugaskan untuk setiap bagian, dapat membantu membuat rencana pemasaran Anda menjadi kenyataan.
ANALISIS
SWOT
Pengetahuan
adalah kunci untuk menjalankan bisnis yang sukses - pengetahuan tentang
pelanggan Anda,pesaing Anda , operasi Anda sendiri danlingkungan bisnis
yang lebih luas . Sebuah analisis SWOT akan membantu Anda
mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan untuk membuat penilaian yang tepat
dari bisnis Anda dan pasar Anda.
Sebuah analisis
SWOT adalah alat sederhana namun kuat untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari
operasi Anda dan peluang dan ancaman yang Anda hadapi di
pasar Anda. Ini akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang seberapa
baik bisnis Anda berjalan dan lebih luas pemasaran dan penjualan lingkungan
Anda beroperasi di.
Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan
perusahaan Anda harus langsung, terutama jika Anda berbicara dengan berbagai
orang saat meletakkan analisis SWOT Anda bersama-sama. Jika Anda memiliki
karyawan, Anda akan menemukan mereka memiliki ide yang baik dari apa yang
berhasil dan apa yang tidak. Pelanggan , pemasok dan mitra bisnis
lainnya juga dapat memberikan umpan balik pada kinerja Anda.
Bekerja melalui daftar unsur-unsur yang berbeda dari operasi Anda. Misalnya, keuangan, kepegawaian, operasi dan pemasaran bidang utama Anda dapat memeriksa.
Analisis pasar - peluang dan
ancaman
Anda juga harus berbicara dengan
karyawan, pelanggan , pemasok dan mitra bisnis lainnya tentang
peluang utama dan ancaman yang dihadapi bisnis Anda .
Tanyakan kepada mereka tentang semua orang
dan organisasi yang mempengaruhi bisnis Anda dan bagaimana mereka
berubah. Pesaing, pelanggan, pemasok dan distributor semua akan berdampak
pada seberapa sukses Anda perdagangan.
Anda kemudian harus menilai lingkungan
bisnis yang lebih luas dan bagaimana hal itu berubah menggunakan analisis PEST:
P olitical dan peraturan. Akan
undang-undang baru mengubah cara Anda harus beroperasi?
E conomic. Bagaimana ekonomi
mempengaruhi Anda?
S ocial dan budaya. Bagaimana
tren sosial yang mempengaruhi kebutuhan pelanggan Anda?
T echnological. Apakah Anda
membuat penggunaan terbaik dari teknologi yang tersedia?
Sebuah analisis PEST yang baik dapat memberikan Anda dengan dasar yang kuat untuk strategi pemasaran yang efektif.
Melaksanakan dan menggunakan
analisis SWOT
Sebuah brainstorming dengan karyawan
mungkin menjadi titik awal terbaik untuk analisis SWOT Anda. Anda harus
berpikiran terbuka dan mau menerima kritik dari bisnis Anda - tapi ingat,
idenya adalah untuk mendapatkan tampilan yang realistis. Demikian juga,
meminta pelanggan Anda untuk umpan balik yang jujur dari mereka tentang produk Anda dan standar
pelayanan.
Jika Anda ingin mengambil pendekatan yang lebih formal untuk analisis SWOT, Anda bisa membayar seorang profesional atau terlibat dalam studi benchmarking . Apapun pendekatan yang Anda pilih, bagaimanapun, penilaian Anda harus mengarah pada rencana aksi. Ini harus fokus pada bagaimana Anda memanfaatkan peluang yang bermain dengan kekuatan Anda dan bagaimana Anda mengatasi kelemahan dalam bisnis Anda untuk menghadapi ancaman yang dihadapi oleh Anda.
Strategi pemasaran Anda juga harus bertujuan untuk melindungi bisnis Anda terhadap ancaman. Membangun kuat hubungan dengan pelanggan dan memastikan bahwa produk dan layanan pelanggan menonjol bisa menjadi elemen kunci dari pertahanan Anda terhadap kompetisi.
Tidak ada komentar
Posting Komentar