Selasa, 09 Februari 2021

RENCANA PEMASARAN SEDERHANA

Bagian yang seringkali terabaikan oleh seorang pengusaha adalah rencana pemasaran. Dimana biasanya pemasaran ini tidak dimunculkan sebagai draft bagian atas dari daftar rencana yang harus dilakukan. Sementara rencana bisnis membantu memetakan arah untuk perusahaan Anda, rencana pemasaran membantu perusahaan Anda memahami bagaimana untuk sampai ke sana dengan merinci langkah-langkah penting di jalan untuk menciptakan hubungan pelanggan.

 Hal yang paling penting untuk bisnis kecil masukkan dalam rencana pemasaran adalah pemahaman yang sangat jelas dari pelanggan dan pesaingnya. Meskipun rencana pemasaran dapat formal atau informal, minimal itu menggambarkan siapa pelanggan Anda, di mana mereka mendapatkan informasi, dan bagaimana Anda akan menjangkau mereka.

Dalam pengembangannya rencana pemasaran memerlukan empat tugas-tugas tertentu:


Mengembangkan wawasan yang sangat jelas dan terfokus ke mengapa pelanggan potensial akan menggunakan bisnis Anda. Lebih khusus, apa kebutuhan inti yang produk atau jasa Anda akan penuhi? Apakah itu untuk membantu pelanggan Anda melewati hari dengan lebih mudah? Melakukan pekerjaan mereka lebih efisien? 

Penawaran Anda harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lebih baik dari kompetisi.

 

Mengidentifikasi target pelanggan Anda. Ada banyak pelanggan potensial di sebagian besar pasar, tetapi untuk berhasil lebih cepat dan lebih baik, usaha kecil harus mempelajari pasar dalam menentukan karakteristik target pelanggan terbaik. Target pelanggan harus dijelaskan secara rinci. 

Dengan demikian, bisnis juga mengembangkan gambaran yang lebih jelas dari pendapatan penjualan yang diharapkan dan keuangan.

Mengidentifikasi pesaing yang juga ingin target pelanggan Anda. Selalu ada pesaing - tidak pernah membuat kesalahan dengan menganggap tidak ada. Usaha kecil jarang meluangkan waktu untuk mempelajari pesaing mereka secara mendalam. Tapi Anda harus memahami siapa pesaing Anda, apa keunggulan kompetitif inti mereka dan bagaimana mereka akan menanggapi penawaran Anda (potongan harga, meningkatnya komunikasi, dan lain-lain).

Menuliskan pernyataan brand-positioning Anda untuk target pelanggan Anda. Pada akhirnya, merek Anda dan apa yang melambangkan bagi pelanggan akan keunggulan kompetitif terkuat Anda. Anda harus bisa menuliskan kalimat deklaratif sederhana bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengalahkan kompetisi. Laporan posisi terbaik adalah mereka yang single-minded dan fokus pada kebutuhan pelanggan.

 Sementara langkah-langkah ini adalah titik awal yang baik, perusahaan juga perlu untuk memasukkan beberapa saluran ke dalam rencana pemasaran mereka. Beberapa saluran yang paling populer untuk bisnis saat ini meliputi:

Pemasaran media sosial

Media sosial telah menjadi bagian penting dari rencana pemasaran bisnis. Bisnis yang belum menyadari peluang yang ada dalam Facebook, Twitter, Google+, Linkedin dan jaringan lainnya, mereka akan kehilangan momentum. Meskipun konsep pemasaran media sosial dapat membanjiri pemilik usaha kecil tertentu, proses tidak perlu menjadi tantangan, karena layanan lebih dan perusahaan yang bermunculan lebih banyak dan lebih sering. Mediasosial dan internet kini menjadi sebuah kebutuhan bukan lagi sekedar hiburan. Jangkauan dari internet yang tak 
mengenal ruang dan waktu sangat efektif sebagai tempat dalam menyampaikan informasi tentang bisnis Anda, strategi ini terbukti ampuh di era teknologi infomasi saat ini.

Email pemasaran

Meskipun pemasaran email mungkin tidak seperti baru dari konsep pemasaran media sosial, itu adalah pilihan yang efektif dan populer untuk banyak pemilik usaha kecil. Perusahaan dapat menerapkan teknik email marketing dalam berbagai cara, termasuk newsletter, kampanye promosi dan email transaksional.

Handphone pemasaran

Popularitas smartphone dan tablet telah membantu mengubah cara perusahaan menargetkan pelanggan mereka. Akibatnya, perusahaan mencari untuk menerapkan strategi yang menjangkau pelanggan pada perangkat mereka.

Ponsel pemasaran tidak harus dianggap perpanjangan belaka email atau pemasaran online, namun. Karena banyak konsumen memiliki perangkat mobile yang setiap saat ada dalam genggamannya, sebuah teks promo akan mendorong pemberitahuan dan hal ini dapat lebih efektif dan efisien dikarenakan langsung mengarah pada end user.

Untuk mengoptimalkan kehadiran pemasaran mobile Anda, hati-hati mempertimbangkan bagaimana dan kapan Anda menjangkau pelanggan seluler Anda. Peka terhadap kapan dan mengapa mereka menggunakan ponsel mereka, dan menawarkan mereka informasi yang berkaitan dengan situasi mereka.

Langkah selanjutnya

Setelah strategi diidentifikasi untuk setiap saluran, Anda perlu mencari tahu strategi Anda. Berapa banyak Anda bersedia untuk menghabiskan di setiap saluran? Hasil apa yang Anda harapkan untuk melihat? Tugas apa yang harus Anda capai untuk setiap langkah dalam proses Anda? Membuat daftar didefinisikan dengan baik dalam anggaran, tujuan dan item tindakan, dengan personil yang tepat ditugaskan untuk setiap bagian, dapat membantu membuat rencana pemasaran Anda menjadi kenyataan.


Hal ini juga penting untuk memutuskan terlebih dahulu bagaimana Anda akan mengukur keberhasilan. Apakah Anda berharap untuk melihat peningkatan penjualan atau lalu lintas, atau kontak klien baru? Set enam bulan untuk setiap saluran, dan membandingkan hasil terhadap upaya sebelum dan sesudah adanya program dari strategi pemasaranAnda. Jika saluran adalah berkinerja buruk, memeriksa konsekuensi untuk meninggalkannya dan untuk menambahkan lebih banyak sumber daya. Meminta pelanggan Anda untuk menyelesaikan survei email tentang kebiasaan sosial media mereka dalam pertukaran untuk kupon atau diskon dapat membantu Anda belajar berhubungan secara emosional dengan pelanggan dalam upaya pemasaran Anda.

 

ANALISIS SWOT

Pengetahuan adalah kunci untuk menjalankan bisnis yang sukses - pengetahuan tentang pelanggan Anda,pesaing Anda , operasi Anda sendiri danlingkungan bisnis yang lebih luas . Sebuah analisis SWOT akan membantu Anda mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan untuk membuat penilaian yang tepat dari bisnis Anda dan pasar Anda.

Sebuah analisis SWOT adalah alat sederhana namun kuat untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari operasi Anda dan peluang dan ancaman yang Anda hadapi di pasar Anda. Ini akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang seberapa baik bisnis Anda berjalan dan lebih luas pemasaran dan penjualan lingkungan Anda beroperasi di.

 Analisis bisnis - kekuatan dan kelemahan

Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan Anda harus langsung, terutama jika Anda berbicara dengan berbagai orang saat meletakkan analisis SWOT Anda bersama-sama. Jika Anda memiliki karyawan, Anda akan menemukan mereka memiliki ide yang baik dari apa yang berhasil dan apa yang tidak. Pelanggan , pemasok dan mitra bisnis lainnya juga dapat memberikan umpan balik pada kinerja Anda.

Bekerja melalui daftar unsur-unsur yang berbeda dari operasi Anda. Misalnya, keuangan, kepegawaian, operasi dan pemasaran bidang utama Anda dapat memeriksa.


Analisis SWOT Anda akan lebih berguna jika Anda melihat kekuatan dan kelemahan dalam hal apa yang Anda capai dan jika Anda membandingkan diri Anda dengan pesaing utama Anda. Di mana Anda memiliki keunggulan kompetitif atau masalah? 

Analisis pasar - peluang dan ancaman


Anda juga harus berbicara dengan karyawan, pelanggan , pemasok dan mitra bisnis lainnya tentang peluang utama dan ancaman yang dihadapi bisnis Anda .

Tanyakan kepada mereka tentang semua orang dan organisasi yang mempengaruhi bisnis Anda dan bagaimana mereka berubah. Pesaing, pelanggan, pemasok dan distributor semua akan berdampak pada seberapa sukses Anda perdagangan.

Anda kemudian harus menilai lingkungan bisnis yang lebih luas dan bagaimana hal itu berubah menggunakan analisis PEST:

 

P olitical dan peraturan. Akan undang-undang baru mengubah cara Anda harus beroperasi?

E conomic. Bagaimana ekonomi mempengaruhi Anda?

S ocial dan budaya. Bagaimana tren sosial yang mempengaruhi kebutuhan pelanggan Anda?

T echnological. Apakah Anda membuat penggunaan terbaik dari teknologi yang tersedia?

 

Sebuah analisis PEST yang baik dapat memberikan Anda dengan dasar yang kuat untuk strategi pemasaran yang efektif.

Melaksanakan dan menggunakan analisis SWOT

Sebuah brainstorming dengan karyawan mungkin menjadi titik awal terbaik untuk analisis SWOT Anda. Anda harus berpikiran terbuka dan mau menerima kritik dari bisnis Anda - tapi ingat, idenya adalah untuk mendapatkan tampilan yang realistis. Demikian juga, meminta pelanggan Anda untuk umpan balik yang jujur ​​dari mereka tentang produk Anda dan standar pelayanan.

Jika Anda ingin mengambil pendekatan yang lebih formal untuk analisis SWOT, Anda bisa membayar seorang profesional atau terlibat dalam studi benchmarking . Apapun pendekatan yang Anda pilih, bagaimanapun, penilaian Anda harus mengarah pada rencana aksi. Ini harus fokus pada bagaimana Anda memanfaatkan peluang yang bermain dengan kekuatan Anda dan bagaimana Anda mengatasi kelemahan dalam bisnis Anda untuk menghadapi ancaman yang dihadapi oleh Anda.

Strategi pemasaran Anda juga harus bertujuan untuk melindungi bisnis Anda terhadap ancaman. Membangun kuat hubungan dengan pelanggan dan memastikan bahwa produk dan layanan pelanggan menonjol bisa menjadi elemen kunci dari pertahanan Anda terhadap kompetisi.

 


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
© PANDUAN BISNIS DARI NOL
Maira Gall