Sebuah elemen penting untuk setiap usaha kecil yang sukses adalah mengembangkan rencana pemasaran yang efektif. Sementara bisnis yang lebih besar memiliki kemampuan untuk berinvestasi dalam jumlah besar dari sumber dayanya untuk anggaran pemasaran mereka, sebagian besar usaha kecil tidak memiliki hal itu. Kunci untuk usaha kecil adalah mencari tahu bagaimana mendapatkan yang paling efisien mengenai biaya pemasaran mereka.
Berikut adalah poin-poin dalam membuat
rencana pemasaran yang hemat biaya.
Jangan
buang waktu melakukan hal-hal yang tidak baik. Langkah pertama dalam
menciptakan strategi pemasaran yang sukses adalah untuk melaksanakan hanya
hal-hal yang Anda merasa nyaman melakukannya. Misalnya, memaksimalkan
pemasaran melalui email, promosikan usaha Anda melalui email dengan tulisan
yang singkat, padat dan mudah di pahami.
Jangan membuat tulisan yang berkesan memelas atau memohon bantuan, selanjutnya upayakan ada sisi yang memberikan pemecahan masalah bagi konsumer melalui usaha Anda. Kedua, mengadakan kampanye iklan dengan membayar biaya per-klik yang disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.
Gunakan promosi untuk membuat pelanggan merasa istimewa . Salah satu cara yang ampuh adalah memberikan kepada pelanggan kebebasan dalam memilih dan menghargai setiap apa yang mereka inginkan. Meminta dengan hormat dan bersahabat kepada pelanggan untuk memberikan saran dan kritik akan produk atau penawaran yang diberikan oleh kita, ingat pelanggan adalah raja yang mana lewat mereka usaha kita dapat berjalan dari mereka juga usaha kita dapat berhenti, selalu berikan sisi baik dan tonjolkan nilai Anda.
Menjadi
pemimpin bisnis. Jangan hanya duduk dan berdiam ditempat, lakukan
jemput bola mencari pelanggan. Anda dapat melakukannya melalui sebuah komunitas
dan aktif dalam komunitas itu, ingat dalam setiap anggota komunitas ada
beberapa rekan dibelakang mereka yang dapat di informasikan olehnya mengenai
usaha kita. Anda juga dapat melakukannya dibeberapa media sosial dan beberapa
forum diskusi.
Mengucapkan
terima kasih . Salah satu cara yang sederhana namun
sangat ampuh adalah selalu mengucapkan terima kasih kepada setiap pelanggan
yang telah memakai produk kita ataupun sekedar berkunjung ke tempat usaha kita.
Kirimi pelanggan dengan email terimakasih dan berilah mereka kesan yang baik
akan diri Anda dan usaha Anda. Tidak hanya meninggalkan pelanggan dengan
kesan yang baik, tapi juga berfungsi sebagai pengingat kepada mereka bahwa
mungkin ada sesuatu yang lain yang mereka ingin memesan.
Mengubah apa yang tidak bekerja . Selain berfokus pada apa yang dilakukan, pemilik usaha kecil tidak usah menjadi takut untuk mengubah rencana mereka ketika beberapa aspek tidak bekerja. Hal ini akan memberikan Anda solusi baru yang dapat mengubah hal yang tidak berjalan efektif menjadi berjalan dan tentunya membuahkan hasil yang diharapkan.
Pemilik usaha kecil perlu membuat rencana pemasaran agar
diketahui sampai dimana usaha yang dijalankan telah bergerak dan dikenal oleh
masyarakat atau segmen pasar yang dibidik. Selanjutnya mereka harus dapat
menjaga dan memanage pelanggannya agar tetap royal dan diharapkan bertumbuh
sesuai dengan yang diharapkan. Rencana apemasaran adalah penting bagi sebuah
usaha tetapi harus tetap diukur dengan budget yang dimiliki, buatlah rencan
pemasaran yang sederhana, budget rendah namun efektif dan effisien serta
memberikan feedback yang diinginkan.
Tidak ada komentar
Posting Komentar